Jumat, 17 Februari 2012

4 Kebiasaan Kecil Agar Terhindar dari Penyakit Degeneratif

Jakarta, Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif. Penyakit yang termasuk dalam kelompok penyakit degeneratif antara lain diabetes melitus tipe 2, stroke, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dislipidemia dan lain-lain.

Cara yang paling efektif untuk menghindari berbagai penyakit adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Memulai kebiasaan pola hidup sehat dapat dimulai dari kebiasaan kecil. Kira-kira kebiasaan kecil apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif?

Berikut 4 kebiasaan kecil yang dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam penyakit degeneratif seperti dikutip dari HealthMonitor, Jumat (17/2/2012) antara lain:


1. Menggunakan piring yang lebih kecil

Beberapa penelitian membuktikan bahwa menggunakan piring yang lebih besar, dapat membuat banyak orang cenderung makan lebih banyak. Untuk mengontrol porsi makan, maka sebaiknya gunakanlah piring dengan ukuran yang lebih kecil.

Dengan terhindar dari kegemukan, maka juga dapat terhindar dari berbagai penyakit degeneratif. Karena obesitas menaikkan risiko menderita penyakit degeneratif.

2. Mengonsumsi biji bunga matahari

Jika seringkali mengalami sembelit, yang masalah umum untuk orang dengan diabetes, maka cobalah mengonsumsi biji bunga matahari. Biji bunga matahari dikemas dengan serat dan merupakan sumber protein yang baik. Dengan memilih biji matahari tanpa garam, maka juga dapat aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

Menurut hasil sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, biji bunga matahari telah terbukti membantu menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi biji bunga matahari juga sebaiknya disertai makanan sehat lainnya.

3. Luangkan waktu untuk melakukan teknik pernapasan untuk meredakan kecemasan

Stres dapat memperburuk kondisi penyakit degeneratif. Meredakan kegelisahan, kecemasan, atau stres dapat dengan teknik pernapasan. Teknik pernapasan tersebut dapat dilakukan dengan cara, antara lain:

a. Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan.
b. Tahan selama 7 hitungan.
c. Buang napas melalui mulut selama 8 hitungan.

4. Berpikir positif

Dengan fokus memikirkan hal negatif yang belum tentu terjadi dapat membuat seseorang merasa gelisah atau cemas. Maka, untuk menghindari kecemasan dan kegelisahan, atau bahkan stres, tidak ada salahnya untuk berpikir positif.

0 komentar:

Posting Komentar